Hidangan
Rela Ngantri: 3 Rekomendasi Makanan Terenak di Surabaya

Rela Ngantri: 3 Rekomendasi Makanan Terenak di Surabaya

Surabaya termasuk salah satu kota besar yang mempunyai peran penting dalam kemajuan Indonesia. Ibu kota provinsi Jawa Timur tersebut terus melambungkan nama lewat berbagai sistem kekinian yang dicetus oleh pemerintah daerah. Kondisi ini yang membuat Surabaya menjadi bagian dari destinasi yang paling diincar oleh wisatawan lokal dan internasional. Berbicara mengenai Kota Pahlawan yang satu ini, kurang lengkap bila tak menyentuh ranah kuliner yang ditawarkan. Sebagai sentral dari Jawa Timur, Surabaya tentu mempunyai kebanggaan tersendiri pada menu super enak yang lahir dari budaya setempat.

Sama seperti daerah lain di Indonesia, wisatawan dipermudah untuk mendapatkan sajian khas yang membuat Anda betah berlama-lama berada di Surabaya. Pertama, Anda bisa menikmati menu lezat dari resto-resto mewah yang banyak berdiri di sudut kota. Kedua, pengunjung mampu merasakan kekhasan Surabaya dengan mencoba merasakan sensasi jajanan yang banyak ditawarkan di pinggiran jalan. Ketiga, menikmati cita rasa khas Jawa Timur di kedai-kedai unik yang berderet di berbagai kompleks perkotaan. Semua pilihan itu menjadi penawaran paling mudah, karena disini pengunjung bakal disediakan aneka tawaran yang semuanya mengiurkan. Nah, untuk harga tidak perlu cemas karena kuliner Surabaya terbilang cukup murah. Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung bersama keluarga tak perlu mengkhawatirkan soal budget untuk konsumsi.

Kenikmatan Lontong Balap untuk Pecinta Kuliner

Makanan Terenak di Surabaya

Apakah Anda termasuk pecinta sayuran? Atau pecinta pecel khas Jawa Tengah? Nah, di Kota Pahlawan Anda bakal mendapat menu serupa namun cita rasa berbeda yang bernama Lontong balap. Sesuai namanya, sajian ini mempunyai bahan utama lontong atau ketupat. Kemudian disempurnakan dengan toge, irisan daging sapi, lento, sekaligus tagu goreng. Semua komponen dijadikan satu dalam wadah yang sama. Selanjutnya, ditaburu bawang goreng dan disiram kuah kecokelatan yang berasal dari bumbu petis. Semua kombinasi ini akan menciptakan kelezatan autentik yang tidak kalah dengan sajian dari daerah lain. Lontong balap sendiri bisa ditemukan diberbagai resto dan tempat makan yang berdiri di pinggiran jalan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, sehingga Anda bisa menikmati semua menu tanpa merasa takut mengeluarkan uang. Sedangkan untuk minumnya, pengunjung bisa mencoba kesegaran dari es campur khas Surabaya. Komponen berbagai buah, berkumpul dengan sirup, susu kental manis, dan es batu membuat minuman ini membawa Anda pada kenikmatan yang tak pernah terlupakan. Selain murah, kuiner tersebut mengenyangkan sekaligus menyegarkan.

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Makanan Terenak di Surabaya

Surabaya menjadi kota kedua terbesar di Indonesia yang semakin lama kian mencuri perhatian dunia. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai perubahan yang berhasil membuat Kota Pahlawan mempunyai karakter tersendiri. Disini, Anda bakal merasakan keteraturan warga dan tata kelola kota yang membuat semua bagian terlihat nyaman serta menyenangkan. Nah, bagi Anda yang berencana maupun sedang berkunjung ke Surabaya. Wajib hukumnya untuk mencoba kelezatan dari kuliner khas yang ditawarkan. Langsung saja, berikut beberapa rekomendasi makanan super enak dari khas Surabaya:

  • ┬áTumis Lorjuk

Hidangan pertama yang sangat khas dan hanya bisa ditemukan di Surabaya adalah tumis lorjuk. Dari namanya saja, kuliner ini sudah cukup unik dan menarik. Disajikan dalam tampilan minimalis yang membuat tumis tersebut mempunyai tampilan yang tak terbayangkan sebelumnya. Tumis Lorjuk ini berisi tumis kerang yang disatukan dengan berbagai bumbu Nusantara. Ria Galeria menjadi resto keren yang berhasil membuat menu super istimewa tersebut. Tidak heran jika, makanan tersebut menjadi salah satu hidangan yang disukai oleh keluarga SBY.

  • Pecel

Pada dasarnya, pecel bukan makanan khas Surabaya. Namun, disini pengunjung bisa merasakan sensasi yang berbeda dari hidangan sayur tersebut. Biasanya, pecel tampil sederhana dalam satu piring penuh. Tetapi, salah satu resto Surabaya meningkatkan value pecel dengan tampilan yang lebih menarik. Jadi, sajian pecel berada pada cup-cup mungil yang kemudian disempurnakan dengan rempeyek. Kuliner sehat dan lezat ini bisa Anda temukan di resto Botanika. Selain itu, pengunjung juga dipersilakan untuk memilih menu khas Surabaya lain yang menawarkan harga cukup terjangkau.

  • Tahu special Ala Pandan Village

Bagi penikmat kuliner mewah dan lezat, tentu tidak asing dengan Pandan Village. Tempat makan yang satu ini masuk sebagai bagian yang terkenal di Indonesia. Tahu Kipas Udang Laguna menjadi menu palin populer yang wajib Anda coba. Menu tersebut terbuat dari tahu yang didalamnya berisikan daging udang. Setelah itu, ditabur tepung dan digoreng crispy. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kenikmatan dari Garang Asem Ayam Pajajaran, dan Asem Iga Sari Kuning dengan kuah segar sekaligus pedas. Kenikmatan seperti ini, semakin sempurna jika dinikmati bersama orang-orang terdekat.